6 Rutinitas Sederhana untuk Hidup Sehat

Blog Dokter6 Rutinitas sederhana untuk memulai hidup Sehat. Tahukah Anda bahwa beberapa rutinitas atau kebiasaan yang baik dalam kehidupan sehari-hari membawa pengaruh baik bagi tubuh dan lingkungan sekitar Anda? Jika Anda memberi perhatian khusus untuk terus melanjutkan kebiasaan baik ini anda akan terhindar dari hal yang buruk dan katakan selamat tinggal pada rumah sakit dan kunjungan dokter. Hal ini berlaku untuk orang normal yang tidak mengidap penyakit khusus, namun bagi yang mempunyai masalah kesehatan sehingga harus mengikuti jadwal periksa rutin, beberapa poin di bawah dapat menunjang kesehatan si penderita. Siapa bilang sehat itu mahal kalau ada cara aman, mudah dan murah untuk diterapkan dalam kehidupan keseharian kita. Karena dengan pola hidup yang baik kita dapat meningkatkan energi untuk melakukan aktivitas dengan baik dan maksimal.

   6 Rutinitas Sederhana untuk Memulai Hidup Sehat   

memulai pola hidup sehat 6 Rutinitas Sederhana untuk Hidup Sehat
Ilustrasi Melakukan Kebiasaan untuk Memulai Hidup yang Sehat
Berikut 6 Rutinitas Sederhana untuk Hidup Sehat.
 1  Minum Air Putih yang Cukup
Kurang minum air putih akan membuat Anda dehidrasi dan menimbulkan beberapa masalah kesehatan, seperti infeksi kandung kemih, kulit kusam, sering lupa atau sulit berkonsentrasi. Sedangkan kelebihan minum air putih juga dapat menyebabkan masalah pada tubuh Anda. Terlalu banyak asupan cairan akan mengganggu kadar kekentalan darah yang berujung pada kehilangan kesadaran (pingsan). Bagi Anda yang beraktivitas normal, konsumsi 8 gelas air putih sudah memenuhi asupan cairan Anda per hari. Lain halnya bagi olahragawan yang membutuhkan konsumsi air diatas rata-rata karena aktivitas yang menguras keringat atau cairan tubuh itu sendiri. Kalau Anda sedang tidak menjalankan ibadah puasa, segeralah minum jika haus. Waktu minum yang ideal adalah segelas setelah bangun tidur, segelas air 15-30 menit sebelum makan, segelas air 15-30 menit setelah makan, segelas sebelum mandi, segelas sebelum tidur. Satu hal lagi, mengkonsumsi air putih saat haus jauh lebih baik dan aman dibandingkan minuman ber-ion, soda, dll.
 2  Perbanyak Konsumsi Sayuran Hijau 
Bayam, kangkung, sawi, timun, seledri, daun singkong, peria (pare), bok choy (sendok sup), buncis adalah beberapa sayuran hijau yang bisa mencegah inflamasi, memperkuat daya tahan tubuh dengan kandungan vitaminnya, kaya serat, anti diabetes tingkat 2, bahkan anti kanker. Anda bisa memilih sayuran hijau organik yang diproduksi tanpa menggunakan pestisida dan pupuk sintetis, rekayasa genetik, antibiotik, hormon pertumbuhan, bahan pengawet, atau pewarna. Sayuran organik juga mengurangi polusi pestisi dan dan bahan kimia lain di bumi.Cucilah sayur bersih-bersih sebelum Anda mengolahnya. Jangan merebus sayur terlalu lama, karena akan merusak nutrisinya dan jangan terlalu lama dipanaskan di microwave agar tidak kering. Khusus sayur bayam, tidak boleh dimasak berulang-ulang karena kandungan besi di dalamnya bisa menjadi racun, juga tidak boleh disimpan terlalu lama di lemari es yang dapat menambah kadar nitrit dan jika dikonsumsi, manusia akan kekurangan oksigen. Sayur bayam juga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat karena mengandung purin yang tinggi. Daun singkong dan kangkung juga mesti dihindari oleh penderita hipertensi dan asam urat.
 3  Konsumsi Berbagai Buah Setiap Hari
Kandungan serat dan berbagai vitamin dalam buah sangat bermanfaat untuk daya tahan tubuh serta menjaga kebugaran dan kesehatan kulit. Cucilah bersih-bersih sebelum Anda mengkonsumsi buah tersebut. Pisang, apel, jeruk, pepaya, semangka, kiwi, anggur, melon, mangga, adalah beberapa buah yang dapat Anda sajikan sebagai makanan penutup yang segar dan sehat, baik dalam bentuk puding ataupun tanpa diolah.
 4  Olahraga Pagi
Lari – lari pagi atau melakukan beberapa pemanasan di pagi hari dapat merangsang otot agar lebih bugar dalam menjalani aktivitas seharian. Selain membuat segar, olahraga juga dapat membakar lemak berlebih dan mencegah penyakit lainnya. 
 5  Utamakan Jalan Kaki dan Bersepeda 
Berjalan kaki dapat mencegah osteoporosis (tulang keropos), menjaga berat badan tetap normal, mencegah demensia, membentuk dan memperkuat kaki, membentuk bahu yang, mengurangi depresi, menjaga ikatan sosial jika berjalan kaki bersama teman atau kerabat. Sama halnya dengan bersepeda yang dapat cepat membakar kalori atau lemak berlebih, mempertegas otot di pantat, paha, betis, telapak dan gelandangan kaki, meningkatkan suasana hati yang diperoleh dari kepuasan tersendiri, mencegah penyakit jantung, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, serta meningkatkan stamina dan mencegah berbagai penyakit.
 6  Jangan Tidur Terlalu Larut di Malam Hari!
Salah satu dampak dari tidur terlalu larut atau begadang adalah kelelahan. Hal ini disebabkan karena kurangnya waktu untuk meregenerasi sel yang terjadi ketika tidur. Regenerasi sel oleh hormon kortisol yang hanya diproduksi ketika kita tidur membuat kita segar dan bugar di keesokan harinya. Begadang juga tidak baik bagi kesuburan wanita serta kecantikan kulit, seperti timbulnya lingkaran hitam di bawah mata dan kulit menjadi kusam.

Jangan Lewatkan Tips Kesehatan Lainnya :

  • 10 Cara Mudah Mencegah Serangan Jantung
  • 5 Tips Mengembalikan Pola Tidur Sehat
  • 10 Cara Ampuh Menghindari Kanker
Seperti itulah 6 Rutinitas atau kebiasaan untuk memulai hidup sehat. Semoga dengan tips diatas sahabat blog dokter dapat menerapkannya agar tetap segar dan fit saat menjalankan aktivitas kesehariannya.

Sumber

Demikianlah informasi yang dapat Cara Terbaru sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel 6 Rutinitas Sederhana untuk Hidup Sehat

Incoming search terms:

dp bbm tentang kebiasaan rutinitas hidup
Gaya Hidup » » » » » » » »
Tulisan Sebelumnya
«
Tulisan Selanjutnya
»

0 Komentar "6 Rutinitas Sederhana untuk Hidup Sehat"